Sabtu, 10 Oktober 2020

Definisi Sistem

 

 Definisi sistem menurut para ahli

1.      Menurut Fat (dalam Hutahaean, 2014) pengertian sistem adalah sebagai berikut: “sistem adalah suatu himpunan suatu “benda” nyata atau abstrak (a set of thing) yang terdiri dari bagian-bagian atau komponen-komponen yang saling berkaitan, berhubungan, berketergantungan, saling mendukung, yang secara keseluruhan bersatu dalam satu kesatuan (unity) untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif.”

2.      Menurut Indrajit (dalam Hutahaean, 2014) mengemukakan bahwa sistem mengandung arti kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang dimiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.

3.      Sistem menurut Jogianto (dalam Hutahaean, 2014) mengemukakan bahwa sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata adalah suatu obyek nyata, seperti tempat, benda, dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi.

4.      Menurut Murdick, R. G. (dalam Hutahaean, 2014), suatu sistem adalah seperagkat elemen yang membentuk kumpulan atau prosedur-prosedur atau bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan tertentu.

5.      Menurut Jerry FutzGerald (dalam Hutahaean, 2014), sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul Bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelsaikan suatu sasaran tertentu.

6.      Menurut Davis, G. B (dalam Hutahaean, 2014), sistem secara fisik adalah kumpulan dari elemen-elemen yang beroperasi bersama-sama untuk menyelesaikan suatu sasaran.

7.      Menurut Dr. Ir. Harijono Djojodihardjo (dalam Hutahaean, 2014), “suatu sistem adalah sekumpulan obyek yang mencakup hubungan fungsional antara tiap-tiap obyek dan hubungan antara ciri tiap obyek, dan yang secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan secara fungsional.”

8.      Menurut Lani Sidharta (dalam Hutahaean, 2014), “sistem adalah himpunan dari bagian-bagian yang saling berhubunganyang secara bersama-sama mencapai tujuan-tujuan yang sama.”

9.      Menurut Anggraeni (2017) sistem adalah kumpulan orang yang saling bekerja sama dengan ketentuan-ketentuan aturan yang sistematis dan terstruktur untuk membentuk satu kesatuan yang melaksanakan suatu fungsi untuk mencapai tujuan.

10.  Menurut Kadir (dalam Hidayat, 2019), sistem merupakan sekumpulan elemen yang saling terkait atau terpadu yang dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan.

11.  Menurut Hidayat (2019), sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) yang berarti sebuah kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi, atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

     Dari beberapa definisi sistem menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem adalah sistem adalah gabungan dari komponen-komponen atau elemen-elemen yang saling berkaitan dan berhubungan dengan ketentuan-ketentuan aturan yang sistematis dan beroperasi secara bersamaan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan yang secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan yang fungsional.

 

Anggraeni, E. Y., dan Irviani, R. (2017). Pengantar sistem informasi. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Hidayat, F. (2019). Konsep dasar sistem informasi kesehatan. Yogyakarta: Deepublish.

Hutahean, J. (2014). Konsep sistem informasi. Yogyakarta: Deepublish.


Nama Anggota Kelompok

1. Elena Shyfadwianti (16517495)

2. Ineke Putri Dwi Ade Pratiwi (12517923)

3. Marselia Nindia Cahyani (13517474)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar