Jumat, 22 Juni 2018

#BelajarBarengYuk


Hei hei hei..
Wow udah lama ye ga ngepost, ini antara males apa gada topik untuk dibahas ya? Hehe. Well, dikesempatan kali ini gue mau sedikit sharing ajasih ya tentang sebuah resep rahasia. Karena mau di share, resep ini gajadi rahasia lagi. (hehe)
Intro dulu nih ya, sebelumnya gue emang jarang banget buat masak. Yeah, kebiasaan keluarga gue kalo makan ya beli, although makanan yang dibeli itu-itu aja gitu. Jadi terkadang itutuh bikin gue bosen banget. In one day, gue tersadar akan kodrat nya wanita (apaansi). Ya gitu, wanita harus identik bisa masak. Dan disitu i’ll try to make something. And for the first experiment, i tried to cook “Tumis Kerang”. Kedengarannya sih sangat mudah, but bagi gue yang masih beginner itu sedikit sulit sih ya membuat makanan itu menjadi makanan yang totally sempurna. So, isi blog kali ini ialaaah gue mau bagi resep Tumis Kerang yang gue buat nih. Okay, here we go!

Bahan:
-         Kerang (ini udah pasti dong, kan kita mau masak ini)
-         Cabai rawit, keriting dan cabai hijau
-         Daun salam
-         Air
-         Kecap manis
-         Garam
-         Gula
-         Lengkuas
-         Bawang putih, bawang merah

Cara:
1. Siapkan bahan-bahan. Sebenernya kalian bisa tambahin bahan-bahan lainnya misalnya selederi, toge, atau bahan lainnya sesuai selera. Berhubung saya masih pemula, saya tidak menambahkan bahan-bahan lainnya.
2. Cuci bersih bahan-bahan yang akan diolah. Seperti cabai, lengkuas, dan tidak lupa dengan kerang.
3. Iris bawang merah dan bawang putih. Saya menggunakan 6 sium bawang merah dan 4 sium bawang putih. Banyak tidaknya bawang sebenernya tergantung pada seberapa banyak porsi kerang yang akan kalian sajikan.
4. Iris cabai kecil-kecil. Balik lagi, banyak tidaknya cabai tergantung selera.
5. Geprek lengkuas. Dan satukan semua bahan yang sudah diiris tadi untuk di tumis.

6. Tuang minyak ke dalam wajan, dan tunggu hingga panas. Minyak nya sedikit saja yaa hehe.
7.  Masukkan bahan-bahan awal nya seperti cabai iris, bawang iris, lengkuas dan daun salam. Lalu di oseng-oseng sampai tercium wangi.
8. Jika sudah, masukkan kerang yang sudah dicuci bersih tadi. Di oseng sebentar, lalu masukkan air.
9.  Sedikit demi sedikit berilah gula, garam dan kecap manis. Aduk rata.
10. Kalo merasa rasanya kurang, bisa diberi bumbu lainnya. Jika sudah merasa pas, sajikan tumis kerang tersebut.


Nah itulah cara gue masak hehee. Buat kalian yang mau coba, silahkan dicoba. Semoga hasilnya lebih memuaskan yaa. Dan jangan takut ya kalau mau mix bahan-bahan lainnya. Karna kalau salah, gaada yang mau marahain lo kok, hehe. Okay guys, sampe sini aja ya isi blog gue kali ini. Happy trying!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar