Minggu, 01 April 2018

Ilmu Alamiah Dasar #Part2


Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)??

Kalau di blog aku sebelumnya membahas makna dari ilmu dan pengetahuan, sekarang disini aku mau nambahin wawasan kalian lagi nih. Jadi ilmu pengetahuan banyak sekali di aplikasikan pada teknologi lho. Mungkin buat masyarakat Indonesia yang hidup di tahun 50-90an pasti merasakan sekali perbedaan dalam kehidupan di dunia ini khususnya pada teknologi itu sendiri. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yaitu suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan seseorang dibidang teknologi. Dapat juga dikatakan, definisi IPTEK ialah merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan yang terbaru yang bersangkutan dengan teknologi ataupun perkembangan dibidang teknologi itu sendiri.
Sesuatu yang berada di muka bumi ini pasti memiliki dampak positif maupun negatif, begitu juga dengan IPTEK. Dampak positif nya ialah IPTEK sendiri bisa meringankan pekerjaan manusia, membuat segala sesuatu nya menjadi mudah dan ringan, dapat mengurangi pemakaian bahan-bahan alami yang semakin lama semakin langka, dan membuat kehidupan manusia menjadi lebih maju dan keren. Tetapi IPTEK pun memunculkn dampak negatif apabila yang memproduksi maupun yang mengonsumsi itu berlebihan. Seperti hal nya dapat merusak moral, dapat menimbulkan kemalasan, ketergantungan, dan efek ketagihan.

Lalu kita bisa melihat adanya IPTEK dalam bidang transportasi seperti kemunculan mobil, motor, kapal laut, pesawat, kereta api, dll. Kemunculan transportasi tersebut sangat memudahkan masyarakat Indonesia untuk berpergian dalam waktu singkat, lalu bisa memudahkan pengiriman barang dengan cepat dan aman. Mungkin beberapa dari kalian ada yang tidak merasakan ‘susahnya’ bepergian pada zaman dahulu, kalau ingin mengirimkan barang seperti inpor ekspor juga susah, dikarenakan tidak adanya transportasi yang memenuhi seperti sekarang ini. Dulu tranposrtasi hanya memanfaatkan pada hewan-hewan seperti kuda yang nanti nya dijadikan andong, atau dengan sepeda bahkan dengan jalan kaki. Penggunaan mobil atau motor pun terbatas, hanya sedikit orang yang dapat menggunkannya. Itupun masih yang bahan bakar nya tidak ramah lingkungan sehingga asep nya sangat ngebul dan bau. Walaupun memudahkan masyrakat, tetapi zaman sekarang kan kalau beli mobil ataupun motor kan merupakan hal yang mudah, misalnya dari pembelian bisa dicicil lalu dp 0%, yang menyebabkan transportasi tersebut mendominasi jalanan yang menyebabkan kemacetan, kecelakan yang banyak, bahkan banyak membuat orang menjadi agresif saat dijalan.

Lalu IPTEK juga berkembang di bidang pendidikan. Seperti kita sadari, kalau kita mencari informasi atau hal yang kita belum tau kita bisa menggunakan barang-barang elektronik kita dalam mendapatkan pengetahuan. Jadi guru bukan satu-satunya sumber dari ilmu pengetahuan. Lalu bisa juga kita belajar di rumah karena lagi sakit sambil video call dengan guru saat guru tersebut sedang mengajar. Tapi negatif nya ialah kalau kita tidak cerdas dalam memilah pengetahuan baru tersebut. Bisa jadi pengetahuan tersebut bersifat menyesatkan karena di internet siapapun bisa menulis apapun. Jadi kita pun harus bisa memilah informasi dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya ada perkembangan IPTEK di bidang komunikasi. Hayoo siapa sih yang gapernah melakukan komunikasi? Tidak mungkin dong dari kalian ada yang tidak pernah melakukan komunikasi sama sekali. Yup, komunikasi merupakan hal yang sangat lumrah pada masyarakat Indonesia. Dan alat komunikasi kita banyak sekali lho. Misalnya aja ada smartphone, laptop, komputer, dll. Pasti dari kalian semua pada punya alat-alat tersebut kan? Alat-alat tersebut sangat memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan siapapun, bahkan dengan beda negara pun kita bisa terhubung dengan mudah dan cepat. Beda sekali dengan zaman dahulu, ketika ingin menyampaikan sesuatu pada orang jauh, kita harus menggunakan media surat menyurat. Itupun kecepetan dalam feedback nya diperlukan waktu yang sangat lama. Bersyukurlah kalian karena zaman sekarang yang sudah canggih, jadi kalau ingin berkomunikasi dengan orang-orang sangat mudah. Tetapi dampak negatif yang ditimbulkan ialah karna kita bisa berinterikasi dengan siapapun, terkadang orang memanfaatkan itu sebagai tindakan kejahatan.

Dan terakhir perkembangan IPTEK di bidang kesenian dan kebudayaan. Jangan salah lho, seni dan budaya juga merupakan terobosan dari perkembangan IPTEK itu sendiri. Masyarakat bisa mempopulerkan seni dan budaya Indonesia melalui teknologi-teknologi canggih. Misalnya kita merekam suatu tarian khas Bali dan mengupload nya di beberapa media, seperti youtube. Yang mengakses youtube itu dari semua kalangan dan semua negara. Dan orang-orang menjadi tau dan mungkin ini mempelajari tarian khas Bali tersebut. Namun adanya dampak negatif yang ditimbulkan misalnya perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol. Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women : From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. 


Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar